Rabu, 13 Oktober 2010

Gedung Tertinggi di Korea

Seoul, ibukota Republik Korea akan segera memiliki gedung pencakar langit tertinggi ke-2 di dunia (640m) setelah Gedung Burj Arab di Dubai (800m). Menurut harian Joseon Ilbo, megaproyek senilai lebih dari ₩ 3 trilyun (±Rp 25,8 trilyun) itu akan memulai proses pembangunannya pada bulan September tahun ini, dan akan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2015 mendatang. Rancang bangun konstruksinya sendiri sudah selesai dibuat. Rencana gedung setinggi 640 meter tersebut akan memiliki 133 lantai dan berfungsi utama sebagai sebuah Digital Media City (DMC). Lokasi pembangunannya adalah di daerah Sangam-dong, barat laut Kota Seoul. Karena itu, rencana nama gedung tersebut adalah Sangam DMC Landmark Tower (tentatif). Gedung ini nantinya akan menjadi gedung tertinggi di Korea, mengalahkan gedung tertinggi sebelumnya, Tower G (264m) milik Samsung.
Berbeda dengan Tower G milik Samsung yang sepenuhnya dipakai menjadi gedung tempat tinggal (residential tower),Gedung DMC akan memiliki beraneka macam fungsi. DMC Landmark Tower akan menjadi pusat perkantoran perusahaan-perusahaan multimedia kelas dunia seperti Google dan IBM. Selain itu, pada beberapa lantai lainnya akan diisi pula oleh hotel-hotel kelas dunia seperti Trump dan Hilton, convention center, department store, serviced residence, dan beragam fasilitas hiburan lain seperti akuarium, digital media center, dan juga bioskop. Akan tersedia pula sebuah beranda observasi dan restoran di lantai teratas, di mana turis boleh menyaksikan keindahan kota Seoul dari ketinggian. Konon, sebagian kecil wilayah Korea Utara (Kota Kaesong) juga akan nampak dari sini.
Pembangunan gedung itu sendiri sudah tentu akan menggunakan 100% teknologi murni dan mutakhir Korea yang sebagian besar akan dikerjakan oleh Daewoo. Karena jaman sekarang isu pemanasan global sedang hangat, maka konstruksi gedung ini pun dirancang sedemikian rupa sehingga mendukung penghematan energi. Bagian tengah gedung tersebut sengaja dikosongkan menyerupai konstruksi sebatang bambu, sehingga sinar mentari dan angin segar bisa menembus masuk ke bagian tengah tower.
Sementara itu, konsorsium utama yang berpartisipasi dalam pembangunan megaproyek ini antara lain adalah Korea Development Bank, Hana Bank, Woori Bank, dan Daewoo Engineering and Construction.
Adapun profil singkat dan rincian penggunaan lantai Sangam DMC Landmark Tower adalah sebagai berikut:
Ketinggian: 640m
Jumlah lantai: 133
Total area lantai: 724.675m²

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar